Senin, 05 Desember 2011

Ikhtisar Tugas Akhir : Evaluasi CFD Hambatan Lambung Katamaran (Simetris) dengan Variasi Konfigurasi Bentuk Bulbous bow

Dewasa ini dunia desain perencanaan kapal berkembang sangat cepat. Tantangan utama dalam mendesain sebuah kapal adalah sulitnya pencapaian efisiensi yang optimum, baik dalam hal ekonomis dan performance. Salah satu target optimalisasi efisiensi desain adalah mengenai kecepatan kapal, yaitu bagaimana mendapatkan desain kapal dengan kecepatan memenuhi permintaan owner dengan penggunaan daya mesin sekecil mungkin. Menginstal bulbous bow pada bagian haluan kapal merupakan alternative yang paling “tren” saat ini. Bulbous bow diinstal pada kapal-kapal dengan kecepatan tinggi untuk mengurangi hambatan, di mana sifatnya bergantung pada fungsi koefisien block dan Froude number kapal, untuk kapal dengan Cb dan Fn tertentu dapat memakai bulbous bow karena pertimbangan keuntungan pengurangan resistance yang cukup besar, atau sebaliknya (parametric design chapter 8, hal : 233). Saat ini telah dilakukan berbagai riset untuk mengembangkan desain kapal cepat, salah satunya adalah kapal catamaran. Desain kapal catamaran dengan lambung gandanya telah terbukti memiliki hambatan yang lebih kecil dibandingkan dengan kapal monohull dengan displasemen yang sama, namun demikian desain yang lebih efisien perlu dikembangkan untuk menghasilkan hasil yang optimum, apalagi mengingat pemasangan bulbousbow pada kapal catamaran belum sebanyak pada kapal monohull. Selain itu sejauh ini belum ada petunjuk/peraturan yang meng-guide desainer untuk memilih jenis bulbous bow yang tepat baik untuk kapal monohull maupun catamaran, Inilah yang menjadi permasalahan mengenai efisiensi desain.


Jenis bulbous bow yang sering dipakai saat ini adalah ram bow karena konstruksinya lebih mudah dibuat, namun pertimbangan pemilihan bulb tidak hanya konstruksi saja tetapi juga seberapa efisienkah performance yang ditawarkan jenis tersebut, sebab nilai tingkat performance akan berbeda-beda pada setiap desain lambung kapal untuk tipe bulb yang sama. Telah diketahui bersama bahwa biaya instalasi bulbous bow tidaklah murah, di mana biaya tersebut relative sama mahal untuk semua jenis bulb, sehingga analisis dari sudut lain perlu dilakukan selain biaya, agar didapatkan desain bulbous bow terbaik dari tipe-tipe yang telah ada. tipe bow yang lazim dan sering dipakai adalah:
1. Faired in bulb
2. Ram bow
3. “added” bulb with knuckle
4. Ram close to waterline
5. Deeply submerged ram
6. Moor deep ram
Konsep kerja proposal ini adalah menganalisa secara hidrodinamis performance dari setiap tipe bow yang ada apabila diinstal pada bebrapa model kapal catamaran dengan variasi Froude Number, berbagai nilai froude number dapat diperoleh dengan mengubah-ubah kecepatan kapal untuk satu model lambung catamaran yang sama. untuk menunjang pekerjaan digunakan alat bantu berupa software MAXSURF, ANSYS CFD dan HYDROMAX. data yang ditampilkan dari hasil penelitian akan dianalisa lebih jauh yang pada akhirnya didapatkan bentuk bulbous bow paling optimum untuk masing-masing lambung kapal catamaran yang telah dimodelkan dan kemudian hasil dari analisa menggunakan software divalidasi melalui uji coba di laboratorium uji tarik (towing tank) atau data dari hasil uji coba ang pernah dilakukan. Diharapkan dari hasil analisa ini dapat dikembangkan lagi untuk menjadi sebuah “guider” pemilihan jenis bulbous bow ke depannya. Dari desain bulb yang tepat diharapkan pula mampu memberikan tingkat perencanaan bangunan kapal yang optimum. Kata kunci : Efisiensi, catamaran, type bulbous bow, optimum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar