Kamis, 08 Desember 2011

SEJARAH PT. DOK SURABAYA (PERSERO)

PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) merupakan perusahaan BUMN produksi kapal terbesar kedua setelah PT. PAL Surabaya (Persero), didirikan pada tanggal 22 September 1910 oleh Pemerintah kolonial Belanda di Amsterdam. Perusahaan ini awalnya bernama N.V. DROOGDOK MATSCHAPPIJ SOERABAIA dimana pemegang saham saat itu antara lain N.V. Konjnlijke paket vaart maatschappij, N.V. Stomivart Maatschappij Nederland, N.V.Roter Sdancsh LCYD. Pendirian perusahaan tersebut dilaksanakan di depan notaris J.P Smith.
       Pada masa pendudukan Jepang yaitu tahun 1942 – 1945, Perusahaan ini berganti nama menjadi HARIMA ZOZEN. Namun setelah Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II,tepatnya tanggal 17 Agustus 1945,perusahaan ini menjadi milik Pemerintah Republik Indonesia. Namun pada tahun 1945 sampai dengan tahun 1957, perusahaan tersebut kembali ke tangan Belanda yang namanya diubah kembali menjadi nama awal pada waktu didirikan, yaitu N.V. DROOGDOK MATSCHAPPIJ SOERABAIA.

          Pada waktu terjadi konfrontasi antara pemerintah Indonesia dengan Belanda yang terjadi pada tahun 1958 telah menyebabkan perusahaan ini berpindah tangan ke pemerintah Indonesia dengan landasan hukum Peraturan Pemerintah No 23, tahun 1958 di bawah pengelolaan B.P.U MARITIM. Kemudian Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah lagi yang menyusul Peraturan Pemerintah sebelumnya yaitu Peraturan Pemerintah No. 109 Th. 1961, tanggal 17 April 1961 dan Perusahaan ini menjadi Perusahaan Negara (PN) dengan nama PN. DOK DAN PERKAPALAN SURABAJA.
          Kemudian pada tahun 1963 Galangan yang ada di sebelah PN. Dok & Perkapalan Surabaya yang bernama GALANGAN KAPAL SUMBER BHAITA digabung dengan PN Dok & Perkapalan Surabaya berdasarkan atas keputusan Menteri Perhubungan Laut. Berdasarkan keputusan ini juga, nama perusahaan diubah menjadi PN. DOK SURABAJA.
Perubahan nama PT Dok & Perkapalan Surabaya tidak terhenti hanya sampai di situ, dengan munculnya kembali Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1975 PN. Dok Surabaja berganti nama lagi menjadi PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (Persero). Peresmian perusahaan ini dilakukan oleh Menteri Perhubungan R.I yaitu Prof. DR H Emil Salim, pada tanggal 8 Januari 1976 berkedudukan di Jl. Tanjung Perak Barat No. 433–435 Surabaya. 
Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 10 tahun 1984, tanggal 28 Nopember 1984, PT Dok dan Perkapalan Surabaya yang semula berada dalam pengawasan/pembinaan Departemen Perhubungan, dialihkan dalam pengawasan/pembinaan Departemen Perindustrian, sekarang Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag).
Sejak 1961 saja dari database yang tersedia DPS telah memperbaiki dan membangun lebih dari 600 berbagai jenis kapal, dipesan oleh pelanggan lokal dan asing.

A.2    VISI DAN MISI
          Untuk menjadi pemain penting dalam pasar global,PT. DPS percaya bahwa selain menguasai teknologi, tenaga kerja memiliki peran yang sangat penting dalam proses. Oleh karena itu, dari manajemen puncak, manajemen menengah, untuk pekerja lapangan semua berkomitmen untuk melayani kebutuhan pelanggan  dan untuk menjalin kemitraan jangka panjang dengan memberikan kualitas standar internasional dan tepat waktu pengiriman dengan harga kompetitif. Dalam semangat ini, perusahaan telah menetapkan visi yang jelas & misi.
“Visi PT. DPS adalah menjadi perusahaan galangan kapal yang unggul di segmen pasar kelas menengah dan siap bersaing di pasar global.”
Misi PT. DPS :
1.        Diakui dan dikenal luas sebagai perusahaan yang handal dalam memenuhi harapan pelanggan.
2.        Meningkatkan kemampulabaan untuk mewujudkan pertumbuhan yang berkesinambungan.
3.        Memberikan nilai tambah yang optimal kepada pemegang saham, karyawan, pelanggan dan mitra usaha.
Sebagai persiapan untuk mengubah dunia, PT. DPS terus meningkatkan tenaga kerja melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan teknis serta pengetahuan manajemen. Selain itu, penelitian & pengembangan diarahkan meningkatkan produktivitas dan teknik manajemen operasional.
Memiliki lebih dari 600 karyawan yang berpengalaman, sejarah panjang pelayanan dan ISO 9001 standar kepatuhan, PT. DPS siap untuk kerjasama masa depan cerah dan produktif dengan Pelanggan.

2 komentar:

  1. Permisi kak, mau tanya. Sumber sejarahnya bisa didapat di mana ya?

    BalasHapus
  2. Permisi kak, mau tanya. Sumber sejarahnya bisa didapat di mana ya?

    BalasHapus